gizi dan metabolism
Diet gizi dan metabolism mempengaruhi kekebalan tubuh

Gizi dan metabolism tubuh memegang peranan penting dalam proses biomedical treatment. Pendekatan diet yang dilakukan dalam biomedical treatment bukan ditujukan untuk menurunkan berat badan. Melainkan untuk membantu tubuh membangun kekebalan tubuhnya sendiri disamping memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan akibat kekcauan metabolism.

Diet gizi dan metabolism ditujukan untuk mengatur pola dan konsumsi makanan serta minuman yang dilarang dikonsumsi, dibatasi dan dimodifikasi.

Diet adalah ilmu yang mempelajari nasib makanan sejak ditelan sampai diubah menjadi bagian tubuh dan energi atau dieksresikan sebagai zat sisa . Dengan tujuan akhirnya adalah mencapai, memperbaiki dan mempertahankan kesehatan dan kekebalan tubuh melalui konsumsi makanan.

Jenis diet sangat dipengaruhi oleh latar belakang asal individu atau keyakinan yang dianut masyarakat tertentu. Walaupun manusia pada dasarnya adalah omnivora, suatu kelompok masyarakat biasanya memiliki preferensi atau pantangan terhadap beberapa jenis makanan.